SELAMAT DATANG DI JENDELA INFORMASI DESA DADAPAN KECAMATAN SEDAN .  

SOSIALISASI PEMBENTUKAN BANK SAMPAH TINGKAT DESA

Khoirul Basyar | 07 Desember 2023 19:01:33 | Berita Desa | 105 Kali

Kamis, 07 Desember 2023 ibu Tia Dinas Lingkungan Hidup, bidang pengelolaan sampah beserta jajarannya membantu sebagai narasumber pembentukan Bank Sampah Desa Dadapan kecamatan sedan kabupaten rembang, dalam sambutanya ibu Tia DLH kabupaten Rembang Jawa Tengah berharap output kegiatan ini bisa terbentuk berupa berdirinya bank sampah di desa Dadapan. Jika sudah adanya keberadaan bank sampah penting untuk mengurangi beban TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Potensi sampah desa merupakan potensi pendapatan desa, pada session terakhir. Harapan terbentuknya pengelola Bank sampah yang ada di desa Dadapan membantu keringanan kepada pengelola TPA kembang Dadap yang berada di Dukuan macan Ireng Desa Dadapan.

Ketua bank sampah yang terpilih, Amar mengatakan. Sampah di desa harus selesai didesa sendiri ujarnya, dia sangat paham dalam penanganan sampah yang akan dikelola sebagai sehari-hari manusia atau proses alam yang terbentuk padat, sampah seringkali mengacu kepada material sisa yang tidak diinginkan atau tidak bermanfaat bagi manusia setelah berakhir suatu kegiatan atau proses domestik.

Apa lagi nantinya didesa Dadapan ini akan dibangun sebuah progam TPS3R yang akan didirikan di TPA desa Dadapan bertujuan mengurangi kuantitas atau memperbaiki karakteristik sampah. Ujar ibu Tia dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang.

Manfaat yang dirasakan oleh masyarakat lingkungan menjadi bersih dan bisa meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengelola sampah, diharapkan pengurangan sampah dapat meningkat, selain itu TPS3R berharap dan bisa direncanakan  dapat mengelolah 3 (tiga) jenis sampah. Yaitu sampah organik, sampah anorganik dan sampah plastik. 

 

Penulis : Khoirul Basar 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

PERBUP DAN PERDA

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl.Argopuro Ds.Dadapan
Desa : Dadapan
Kecamatan : Sedan
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59264
Telepon : 081326159200
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung