SELAMAT DATANG DI JENDELA INFORMASI DESA DADAPAN KECAMATAN SEDAN .  

MALAM TIRAKATAN 17 AGUSTUS MASJID NURUL HIKMAH NGEMPLAK DESA DADAPAN

Khoirul Basyar | 15 Agustus 2023 21:35:44 | Berita Desa | 150 Kali

Selasa, 15 Agustus 2023. Tepatnya dimalam 16 Agustus 2023 masyarakat lingkungan Masjid Nurul Hikmah Ngemplak Desa Dadapan melakukan malam Tirakatan, yang sering disebut dikalangan masyarakat malam tasyakuran 17 Agustus 2023.

Masyarakat Indonesia, dikenal memiliki berbagai tradisi yang biasanya dilakukan untuk memperingati atau merayakan momen tertentu. Diri peringatan hari keagamaan hingga hari kemerdekaan, tradisi-tradisi tersebut kerap dilakukan dengan hikmat. khususnya lingkungan Dukuan Ngemplak Desa Dadapan yang melakukan acara tersebut.

Salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemardekaan RI adalah malam tirakatan 17 Agustus, tradisi yang dilakukan pada malam hari sebelum 17 Agustus ini terus dilestarikan secara turun temurun.

Tradisi rutin yang dilakukan oleh masyarakat Jawa dan Jogja dan sekitarnya pada malam 17 Agustus. Sebagian masyarakat baik di desa maupun kota melaksanakan tradisi ini setiap tahunnya.

Malam tirakatan 17 Agustus biasanya terdiri dari berbagai kegiatan seperti Do'a bersama, mendengarkan cerita sejarah.

Dengan pembacaan tahlil dan Do'a bersama, panitia melakukam pembukaan terlebih dahulu dengan bacaan ayat suci Al Qur'an, dilanjut dengan pembacaan Tahlil dan Do'a bersama yang dipimpin oleh habib Hasyim dari Sulo kecamatan Sedan Kabupaten Rembang.

Yang diikuti oleh berbagai masyarakat  RT : 005, RT : 004/002 Dukuan Ngemplak Desa Dadapan, dan diikuti oleh pemerintah Desa Dadapan dari kepala Desa Dadapan Zuber mengatakan, kegiatan ini sangat bagus dan harus dipertahankan mengingat kegiatan ini sangat positif untuk mengingat para pahlawan yang memperjuangkan negara kita. Ketua panitia Bapak Sutadi yang mengucapkan terimakasih atas kelancaran acara tersebut ini.

Penulis : Khoirul Basar 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

PERBUP DAN PERDA

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl.Argopuro Ds.Dadapan
Desa : Dadapan
Kecamatan : Sedan
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59264
Telepon : 081326159200
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung