SELAMAT DATANG DI JENDELA INFORMASI DESA DADAPAN KECAMATAN SEDAN .  

PEMILAHAN SAMPAH OLEH KKN MANDIRI INISIATIF TERPROGAM UIN WALISONGO SEMARANG

Khoirul Basyar | 01 Juli 2022 22:05:14 | Berita Lokal | 278 Kali

Dadapan, 01/06/2022 pemilahan sampah oleh kkn mandiri inisiatif terprogam UIN walisongo semarang 2022.

Semangat berkobar temen-temen mahasiswa/i UIN walisongo antusias,  kepedulian dan bergeraknya pengabdian di masyarakat. KKN MIT 14 Kelompok 34 yang di komandoi atau diketuai yang sering disapa akrab nama Mas Rizal dari mahasiswa UIN walisongo Semarang ini.

Pemilahan sampah yang di lakukan oleh KKK UIN walisongo Semarang bersama Kartar desa dan KSM Kembang Dadap Desa Dadapan Kecamatan Sedan, Setiap hari Jum'at KSM melakukan pemilahan sampah. Dari pemilahan sampah tersebut mengelompokkan dan memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya, jumlah dan atau sifat sampah. pemilahan sampah dari rumah bisa di kelompokkan menjadi 3, yaitu sampah organik, sampah anorganik dan sampah residu. Tujuan pemilahan sampah yaitu untuk mempermudah pengelolaan sampah selanjutnya. Pemilahan sampah organik dan anorganik bisa mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh penumpukan sampah yang masih tercampur dari sampah organik dan anorganik. Pencemaran udara dapat menimbulkan masalah kesehatan terutama yang berhubungan dengan paru-paru dan pernapasan. manfaat lain dari pemilahan sampah dari rumah yaitu dapat menambah nilai ekonomi dari hasil pilahan sampah tersebut, maka sebab itu mari kita pilah sampah dari sumbernya, yaitu dari Rumah, karena memilah sampah dari rumah ternyata baik dapat memberikan manfaat Baik bagi diri kita dan Lingkungan sekitar.

Dengan hal ini KSM Kembang Dadap Desa Dadapan, baru hanya bisa pemilahan yang selalu dilakukannya. karena yang bisa membantu penambahan dengan nilai ekonomi, dengan barang yang sudah tidak kepakai yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah nilai ekonomi seperti kerajinan Tas Belanja, yang berasal dari bungkus plastik kopi dan lain sebagainya. dan selain itu melakukan pembakaran sampah, guna untuk menggurangi pencemaran lingkungan, walaupun sebenarnya melakukan pembakaran juga kurang baik. kalau sudah terdukungnya adanya perlengkapan alat untuk penggelolaan sampah plastik, maka KSM Kembang Dadap akan bekerja lebih baik lagi dengan menambah inovasi dan nilai seni yang bisa menghasilkan dan simbiosis mutualisme saling menguntungkan.

Contuh kegiatan recyle (daur ulang)

1. Oleh sampah plastik menjadi kerajinan tangan

2. Oleh sampah organik untuk kompos

Semoga ilmu yang di dapatksan bisa bermanfaat bagi semua orang dan slalu dalam lindungan Allah SWT..... Aamiiin

 

Penulis :Khoirul Basyar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

PERBUP DAN PERDA

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl.Argopuro Ds.Dadapan
Desa : Dadapan
Kecamatan : Sedan
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59264
Telepon : 081326159200
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung